Etika Bisnis
ETIKA BISNIS
Pada pertemuan kali ini di Mata Kuliah Etika Profesi Sistem Informasi, Fasilkom, Universitas Jember, membahas materi mengenai etika bisni. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara belajar mandiri karena dosen pengajar Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D tidak hadir dalam pertemuan kali ini.
A. Bisnis dan Etika Bisnis
Bisnis adalah sebuah “entitas” (perseorangan/kelompok) yang bertujuan menciptakan barang dan jasa untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan. Sedangkan Etika Bisnis adalah suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis.
Etika bisnis diperlukan karena di dalam bisnis kita mempertaruhkan uang, barang, nama, harga diri, dan nasib orang terlibat dalam bisis. Oleh karena itu etika diperlukan untuk menjaga itu semua. Bisnis juga bagian penting dalam masyarakat. Karena bisnis penting, maka kita juga perlu menjaga etika dalam berbisnis. Etika bisnis juga memberikan pedoman bagi pihak-pihak yang terlibat bisnis. Serta, etika bisnis bisa memelihara hubungan baik antar manusia.
B. Prinsip-prinsip Etika Bisnis
Prinsip-prinsip etika bisnis bedasarkan sumber WallStreetMojo, yaitu:
- Kejujuran
- Menghindari konflik
- Kepatuhan
- Informasi yang relevan
- Taat kepada hukum
- Memenuhi komitmen
Prinsip-prinsip etika bisnis menurut sumber Caux Round Table, yaitu:
1. Bertanggung jawab
2. Saling percaya
3. Menghormati aturan
4. Memperhatikan lingkungan alam
5. Menghindari operasi bisnis yang tidak etis
Dan ada pula prinsip etika bisnis bedasarkan sumber Sonny Keraf, 1998, yaitu:
- Prinsip Otonomi
- Prinsip Kejujuran
- Prinsip Keadilan
- Prinsip Saling Menguntungkan
- Prinsip Integritas
C. Masalah Etika dalam Bisnis
Masalah etika bisnis adalah sebuah masalah, situasi, dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi dengan tindakan yang benar atau salah, etis ataupun tidak etis.
Dalam bisnis, pilihan seperti itu sering mempertimbangkan "keuntungan materi". Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis dari sebuah keputusan/tindakan adalah dengan melihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.
D. E-COMMERCE
E-Commerce merupakan kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online
Benefit E-Commerce
- Akses terhadap pasar global
- Penjualan langsung tanpa melalui perantara
- Usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar
Komentar
Posting Komentar